7 Faktor yang Dapat Mempengaruhi Hasil Pengomposan, Apa Saja?

Proses Pengomposan

Ada beberapa faktor yang memengaruhi pengomposan, yaitu nilai C/N bahan, ukuran bahan, campuran bahan, mikroorganisme yang bekerja, kelembapan dan aerasi, suhu, serta keasaman pH. Seluruh faktor tersebut harus diperhatikan agar dapat menghasilkan kompos yang baik. Simak ulasan lebih lengkap di bawah ini mengenai faktor yang memengaruhi pengomposan.

Nilai C/N Bahan

Nilai C/N pada bahan baku pembuatan kompos akan memengaruhi lamanya pembuatan kompos. Semakin renah kandungan nilai C/N bahan, waktu yang dibutuhkan untuk pengomposan akan semakin singkat.

Ukuran Bahan

Besaran bahan juga berpengaruh terhadap waktu yang dibutuhkan untuk proses pengomposan. Semakin kecil ukuran bahan membuat proses pengomposan menjadi lebih cepat karena semakin luas bahan yang dapat disentuh oleh bakteri. Oleh karena itu, pencacahan bahan pengomposan wajib dilakukan hingga bahan berukuran kecil. Ukuran yang paling baik untuk bahan keras yang digunakan adalah sekitar 0,5—1 cm dan bahan tidak keras sekitar 5 cm.

Bahan yang tidak keras sebaiknya jangan dicacah terlalu kecil karena akan mengeluarkan kandungan air yang banyak sehingga menyebabkan tingkat kelembapan yang tinggi.

Komposisi Bahan

Ada beberapa bahan yang mampu dikomposkan lebih baik dan cepat. Bahan organik yang berasal dari tanaman akan lebih cepat dikomposkan jika dicampur dengan kotoran hewan.

Baca Juga:
Cara Jitu Memilih Pupuk Organik Agar Tanaman Tumbuh Subur & Optimal
Mengenal Buah Pisang Biru yang Belum Banyak Orang Tau, Penasaran!
Dongkrak Produktivitas Susu Kambing dengan Pakan Alternatif Ini!

Jumlah Mikroorganisme

Bakteri, fungi, Actinomycetes, dan protozoa adalah mikroorganisme yang berperan dalam proses pengomposan. Namun, mikroorganisme lainnya juga harus ditambahkan ke dalam bahan yang akan dikomposkan. Penambahan jumlah mikroorganisme mampu mempercepat proses pengomposan.

Kelembapan dan Aerasi

Umumnya, mikroorganisme yang bekerja dalam proses pengomposan dapat bekerja pada tingkat kelembapan sekitar 40—60 persen. Tingkat kelembapan harus dijaga untuk tetap stabil agar para mikroorganisme dapat bekerja optimal. Sementara, kebutuhan aerasi bergantung pada proses berlangsungnya kompos tersebut, baik secara aerob maupun anaerob.

Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI

Suhu

Suhu yang baik untuk mendukung proses pengomposan sekitar 30—50°C. Apabila suhu relatif tinggi dapat membunuh mikroorganisme, sedangkan jika terlalu rendah dapat menyebabkan mikroorganisme tidak bekerja.

Keasaman (pH)

Tingkat keasaman yang baik untuk proses pengomposan adalah 6,5—7,5 atau cenderung netral. Untuk menetralkan keasaman pH, Anda dapat menggunakan kapur atau abu dapur.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai “7 Faktor yang Dapat Mempengaruhi Hasil Pengomposan, Apa Saja?” dapat berguna dan bermanfaat.

Bagi Anda yang sedang memerlukan Karung Beras untuk proses budidaya, kami menyediakan dan melayani pemesanan Plastik Pertanian & Perkebunan dengan harga murah serta bahan yang berkualitas. Info harga produk klik DISINI dan pemesanan silakan hubungi kami melalui SMS/WA/CALL pada hari dan jam kerja pukul 08.00-16.00 WIB (Minggu dan Hari Besar TUTUP) di 0812.3258.4950 | 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 031–8830487
Atau chat Admin kami dengan klik salah satu link berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

About Lim Mulyono

Entrepreneur
This entry was posted in distributor karung beras, karung, karung beras, Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s