Ingin Untung Berlipat Saat Ternak Sapi, Terapkan Cara ini Segera!

Pupuk dari Kotoran Ternak

Hasil sampingan dari proses peternakan adalah limbah yang masih dapat dimanfaatkan sehingga mendatangkan keuntungan tambahan bagi peternak. Limbah kandang sapi memang sebaiknya diolah dan dimanfaatkan. Jika dibiarkan begitu saja, malah akan menimbulkan bahaya bagi lingkungan sekitar. Nah, untuk mengatasinya ini beberapa cara untuk menghasilkan produk dari pengolahan limbah kandang sapi.

a. Pupuk Kandang

Kotoran sapi, urine, dan sisa pakan sapi dapat dijadikan sebagai bahan pembuatan pupuk kandang atau pupuk organik. Umumnya limbah ini diproses secara tradisional sehingga memerlukan waktu yang cukup lama, sekitar tiga bulan.

b. Pupuk Cair

Pupuk cair diproses dari sluri yang diperoleh dari hasil sisa proses pembuatan biogas yang berasal dari kotoran sapi.

c. Biogas

Kotoran sapi dapat diproses menjadi gas atau biogas. Biogas dimanfaatkan oleh masyarakat pedesaan sebagai bahan bakar untuk memasak dan bahan bakar lampu penerangan. Biogas merupakan hasil dari fermentasi bahan organik yang dilakukan oleh bakteri dalam kondisi anaerob. Biogas terdiri atas campuran berbagai gas. Campuran gas tersebut mudah terbakar jika kandungan metananya lebih dari 50%.

Baca Juga:
7 Faktor yang Dapat Mempengaruhi Hasil Pengomposan, Apa Saja?
Cara Jitu Memilih Pupuk Organik Agar Tanaman Tumbuh Subur & Optimal
Mengenal Buah Pisang Biru yang Belum Banyak Orang Tau, Penasaran!

Biogas yang dihasilkan dari kotoran sapi mengandung metana sebanyak 60% sehingga sangat mudah terbakar dan menjadikan sumber energi, misalnya untuk memasak. Biogas yang dihasilkan dari 30 ekor sapi setara dengan satu tabung gas elpiji yang 12 kg.

d. Sluri Untuk Pertanian

Sluri dihasilkan dari biodigester dan dapat dimanfaatkan pupuk organik yang siap untuk dipakai. Kandungan hara dalam sluri sangat tinggi sehingga baik untuk pemupukan tanaman.

Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, caranya dengan klik DISINI

e. Bioarang

Bioarang dapat terbuat dari sisa kotoran sapi. Bioarang yang dibuat dari kotoran sapi diolah dengan cara dibakar tanpa udara bahan organik yang berasal dari hewan ataupun tumbuhan. Bioarang dapat menjadi sumber pembakaran yang baik dan tidak menghasilkan banyak asap yang dapat mengganggu pernapasan.

Cara pembuatan bioarang diawali dengan memasukkan kotoran sapi ke alat pencetak untuk dijadikan briket. Briket yang sudah tercetak harus dikeringkan secara alami dengan dijemur. Briket kering sudah dapat dibakar hingga briket membara. Setelah pembakaran merata, briket dapat disiram. Langkah terakhir briket dijemur kembali di bawah sinar matahari.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai “Ingin Untung Berlipat Saat Ternak Sapi, Terapkan Cara ini Segera!” dapat berguna dan bermanfaat.

Bagi Anda yang sedang memerlukan Karung Beras untuk proses budidaya, kami menyediakan dan melayani pemesanan Plastik Pertanian & Perkebunan dengan harga murah serta bahan yang berkualitas. Info harga produk klik DISINI dan pemesanan silakan hubungi kami melalui SMS/WA/CALL pada hari dan jam kerja pukul 08.00-16.00 WIB (Minggu dan Hari Besar TUTUP) di 0812.3258.4950 | 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 031–8830487
Atau chat Admin kami dengan klik salah satu link berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

About Lim Mulyono

Entrepreneur
This entry was posted in distributor karung beras, karung, karung beras, Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s